Efektivitas KerjaInformasi

Ini Beda WFH dengan Remote Job

Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap kerja secara dramatis. Banyak perusahaan yang sebelumnya mungkin skeptis terhadap konsep bekerja dari rumah (WFH) atau pekerjaan jarak jauh (remote job), sekarang telah terpaksa mengadopsinya sebagai norma baru. Namun, meskipun istilah “WFH” dan “remote job” sering digunakan secara bergantian, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan dalam aspek-aspek tertentu.

Definisi dan Konsep Dasar

WFH (Work From Home)

biasanya merujuk pada kondisi di mana seorang karyawan bekerja dari rumah secara sementara, yang dapat disebabkan oleh situasi darurat seperti pandemi atau alasan pribadi tertentu. Dalam konteks WFH, pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor sekarang dipindahkan ke rumah.

Remote Job

di sisi lain, adalah bentuk kerja di mana seorang karyawan bekerja dari lokasi yang terpisah dari kantor pusat perusahaan secara permanen. Pekerjaan ini dapat dilakukan dari rumah, kafe, atau bahkan negara yang berbeda, asalkan karyawan memiliki akses internet yang stabil.

Lingkungan Kerja

Salah satu perbedaan utama antara WFH dan remote job adalah lingkungan kerja. Saat WFH, seorang karyawan masih terhubung dengan kantor dan timnya secara langsung. Mereka mungkin menggunakan alat komunikasi online seperti Zoom atau Slack untuk tetap terhubung dengan rekan kerja.

Di sisi lain, dalam remote job, karyawan bekerja sepenuhnya dari jarak jauh tanpa keterlibatan langsung dengan kantor fisik. Mereka bergantung pada alat komunikasi virtual untuk berinteraksi dengan tim, dan kerap kali harus mengatur jadwal kerja mereka sendiri.

Keterlibatan Perusahaan

Dalam konteks WFH, keterlibatan perusahaan seringkali tetap tinggi. Karyawan masih diharapkan untuk mengikuti jadwal kerja reguler dan berpartisipasi dalam pertemuan tim, meskipun secara virtual.

Sementara dalam remote job, karyawan mungkin memiliki lebih banyak kebebasan dalam mengatur jadwal mereka dan memiliki tingkat keterlibatan yang berbeda dengan perusahaan. Terkadang, dalam model remote job, karyawan diberikan tanggung jawab yang lebih besar untuk mengelola waktu dan proyek mereka sendiri.

Keterhubungan dengan Tim

Keterhubungan dengan tim juga berbeda antara WFH dan remote job. Saat WFH, meskipun bekerja dari rumah, karyawan masih merasa dekat dengan tim mereka karena sering berinteraksi melalui platform komunikasi online.

Namun, dalam remote job, karyawan mungkin merasa lebih terpisah secara fisik dari tim, terutama jika mereka berada di zona waktu yang berbeda atau memiliki jadwal kerja yang tidak sinkron.

Kesimpulan

Meskipun istilah WFH dan remote job sering digunakan secara bergantian, mereka sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal lingkungan kerja, keterlibatan perusahaan, dan keterhubungan dengan tim. Memahami perbedaan ini penting bagi perusahaan dan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas dan kesejahteraan kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam budaya kerja, WFH dan remote job akan terus berkembang dan menjadi bagian integral dari cara kita bekerja di masa depan.

Related posts

Mengapa Generasi Muda Sekarang Sulit dalam Mencari Pekerjaan?

Jafar Faqih

5 Pekerjaan yang Tidak Akan Termakan Usia

Jafar Faqih

Mau Jadi Data Entry? Ketahui Dulu Tugas dan Tanggung Jawabnya

Jafar Faqih